Berita Terkini »

DKP Bintan Minta Program Budidaya Dilanjutkan

|

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan, meminta DKP Provinsi Kepri tidak menghentikan program budidaya. Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha DKP Kabupaten Bintan, Zul Iskandar dalam acara pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengembangan usaha perikanan yang dilaksanakan di Hotel Comfort Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.
Diacara itu juga, Zul menyampaikan, program PNPM Mandiri di Kabupaten Bintan sudah berjalan sejak tahun …

415 total views, 415 views today

Read the full story »
Pariwisata
Pendidikan
Kesehatan
Pertanian
Pembangunan

Berita Terkini, Pembangunan »

DKP Bintan Minta Program Budidaya Dilanjutkan

|

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan, meminta DKP Provinsi Kepri tidak menghentikan program budidaya. Hal itu disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha DKP Kabupaten Bintan, Zul Iskandar dalam acara pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengembangan usaha perikanan yang dilaksanakan di Hotel Comfort Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.

Diacara itu juga, Zul menyampaikan, program PNPM Mandiri di Kabupaten Bintan sudah berjalan sejak tahun 2010 lalu.

“Selain itu, kita sudah menerapkan kartu nelayan dan kartu BBM di Kabupaten Bintan, dan kita juga punya data bes nelayan penerima – penerima bantuan,” ucap Zul.

Sementara, sambungnya, terkait perizinan, mulai tahun 2015 mendatang sudah langsung melalui UPT, baik itu administrasinya. Sedangkan, masalah legalitas penangkapan di Kabupaten Bintan cukup teratur.

“Karena, nelayan di Bintan sebagian besar mempunyai toke. Selain itu, untuk nelayan di Kabupaten Bintan bisa melaut sampai ke perairan Natuna,” paparnya.

Ia mengatakan, untuk izin kabupaten/ kota, hanya 4 mil dari daratan. Sedangkan, untuk 12 mil itu izinnya dari Provinsi.

“Sementara, untuk perizinan di Kabupaten Bintan, 70 persen itu adalah bubu dan sisanya perizinan perikanan budidaya dan perikanan tangkap,” katanya.

Selain itu, Zul juga mengucapkan terimakasih kepada DKP Provinsi Kepri karena telah banyak membantu budidaya lele, sebab lele ini juga cukup berhasil di Kabupaten Bintan.

“Kami juga ingin menginformasikan kepada provinsi, yakni masalah Bawal Bintang. Bawal Bintang ini sudah mulai berkembang, dan nelayan kita memperoleh keuntungan Rp1000 per ekor. Selain itu, kita juga minta, agar tidak memberhentikan program budidaya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Koordinator Penyuluh DKP Batam, Mardijono APi Msi memaparkan, terkait individualis, nelayan yang dapat karang bagus, nelayan itu tidak akan memberitahu nelayan lainnya.

“Kemudian kerusakan sumberdaya pemukiman, sumberdaya manusia masih rendah. Kalau disana itu, rata – rata nelayannya tamatan SD, selain itu juga keterbatasan dengan akses informasi,” ucap Mardijono.

Selain itu, kata dia, gerakan pemberdayaan nelayan Kota Batam ini, terus menerus dan kontiniu. Sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta menciptakan nelayan yang mandiri dan berahklak.

“Sedangkan, dalam kunjungan ke lapangan, kita betul – betul harus tidur disitu. Serta melakukan diskusi dengan nelayan dan tokoh masyarakat yang berpengaruh di daerah tersebut,” katanya.

Sementara, sambungnya, untuk melakukan pembinaan itu, harus benar – benar, dan semua bantuan dan program kegiatan tersebut harus jadi modal kelompok.

“Contoh, mesin seharga Rp21 juta diberikan kepada kelompok itu gratis. Jadi anggota yang mendapat bantuan itu harus mengangsur uang sebesar Rp21 juta itu kepada kelompok,” paparnya.

Hal itu, menurutnya, agar modal kelompok tidak habis. Selain itu, juga perlu dilakukannya pelatihan administrasi yang baik. Dan menjadi kelompok yang dapat dicontoh.

“Pada intinya, kelompok kita itu mau diajak maju. Sehingga menjadi kelompok nelayan yang mandiri,” ucapnya.

Diacara itu juga, Ketua HSNI Bintan, Baini menyampaikan, nelayan sudah banyak juga yang berhasil. Bahkan, anak – anak nelayan banyak yang sudah sarjana.

“Sementara, terkait administrasi kami mendukung. Kami dukung program ini,” katanya. (*)

415 total views, 415 views today

Pembentukan Tim Koordinasi Penutupan Lokalisasi di Bintan

|

BINTAN – Polemik yang terus berguncing di berbagai kalangan masyarakat selama beberapa bulan terakhir ini, terkait dengan wacana Bupati Bintan Ansar Ahmad yang telah mewacanakan penutupan lokalisasi di wilayah Bintan seperti di Bukit Senyum Tanjung Uban Kecamatan Bintan Utara dan Km 24 Kecamatan Toapaya pada akhir tahun mendatang. Terus menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah (Pemda) dalam merealisasikan wacana yang …

226 total views, 226 views today

Sekda Bintan Tinjau SD Terbakar di Sei Kecil

|

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bintan, Ir. Lamidi dan didampingi Camat Teluk Sebong, Sekretaris Dinas Pendidikan Bintan, serta Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bintan, meninjau pasca kebakaran sekolah dasar SDN 03, Desa Sei Kecil Kecamatan Teluk Sebong, Kamis (30/10).
Pada kesempatan itu, Sekda Bintan, Ir. Lamidi mengatakan, kebakaran ini merupakan musibah yang tidak dikehendaki bersama.
“Untuk masalah kebakaran ini, …

330 total views, 215 views today

Kesra Adakan Pembinaan Terhadap BMKT Se – Kabupaten Bintan

|

Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Bintan, mengadakan pembinaan terhadap majelis taklim yang tergabung dalam Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se – Kabupaten Bintan, di Convention Hall Hermes Agro Gunung Kijang, Bintan, Kamis (30/10).
Kegiatan yang dihadiri oleh majelis taklim se – Kabupaten Bintan ini juga mengangkat tema “Pengetahuan dan wawasan ibu sebagai pilar utama keluarga bahagia demi wujudnya generasi berakhlak mulia”.
Peserta …

90 total views, 60 views today

800 Anak – Anak di Bintan Ikut Manasik Haji Cilik

|

Sebanyak 800 anak – anak Raudhatul Athfal (RA) dari tiga kecamatan di Kabupaten Bintan, mengikuti manasik haji yang digelar oleh Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kecamatan Bintan Timur, di Lapangan Monumen Relief Antam Kijang, Kamis (30/10).
Tiga kecamatan yang mengikuti itu, yakni Kecamatan Bintan Timur, Gunung Kijang dan Toapaya.
Pelaksanaan manasik haji cilik itu juga, disambut baik oleh Kepala Kantor Kementerian Agama …

49 total views, 30 views today

IGRA Kecamatan Bintan Timur Gelar Manasik Haji Cilik

|

Ikatan Guru Raudhatul Atfal (IGRA) Kecamatan Bintan Timur, menggelar Manasik Haji cilik di Lapangan Monumen Relief Antam Kijang, Kamis (30/10).
Pelaksanaan manasik haji itu juga, diikuti oleh ratusan anak – anak yang tergabung dalam Raudhatul Athfal (RA) dan Taman Kanak – Kanak (TK) di dua kecamatan di Kabupaten Bintan.
Acara itu, dilepas oleh Asisten Bupati Bintan, Raja M. Akib dan didampingi Bunda …

71 total views, 56 views today

Kadisdik : Pemuda Berperan Dalam Pembangunan

|

Sempena memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 86, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bintan, Mahfur Zurahman menghadiri kegiatan dialog kepemudaan yang digelar oleh Komunitas Merah Putih Kepri, di kawasan Pasar Tani Bintan, Selasa (28/10).
Dalam dialog yang mengangkat tema, “Menanamkan pemahaman nilai – nilai Ideologi Pancasila dalam mencegah paham – paham asing” ini juga, Mahfur selaku narasumber.
Selain Kadisdik Bintan ini, juga …

328 total views, 6 views today