Berita Terkini »

Drs. Khazalik

Forum SKPD Kabupaten Bintan Tahun 2015 digelar

|

Salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan daerah sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang – undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah dengan menyelenggarakan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD).  Forum SKPD merupakan wadah untuk berdiskusi bersama antara Satuan Kerja Perangkat Daerah didalam menyampaikan aspirasi, dan menyumbangkan pemikiran dalam rangka penyusunan dokumen Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat …

166 total views, 166 views today

Read the full story »
Pariwisata
Pendidikan
Kesehatan
Pertanian
Pembangunan

Berita Terkini, Pembangunan »

Forum SKPD Kabupaten Bintan Tahun 2015 digelar

|
Drs. Khazalik
Drs. Khazalik

Drs. Khazalik

Salah satu tahapan dalam proses perencanaan pembangunan daerah sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang – undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional adalah dengan menyelenggarakan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD).  Forum SKPD merupakan wadah untuk berdiskusi bersama antara Satuan Kerja Perangkat Daerah didalam menyampaikan aspirasi, dan menyumbangkan pemikiran dalam rangka penyusunan dokumen Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja SKPD) Tahun 2016, yang selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2016.

Pembangunan daerah pada hakikatnya merupakan suatu proses yang berkelanjutan dimana pemerintah daerah bersama dengan masyarakat mengelola sumber daya yang dimilikinya untuk percepatan pembangunan, dan hasilnya bagi kemakmuran rakyat. Di dalam pelaksanaan Forum SKPD perlu adanya penekanan pada kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah, baik yang menyangkut potensi manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara lokal, sehingga orientasi ini akan mengarahkan  kepada pengambilan inisiatif – inisiatif yang berasal dari daerah yang berguna bagi daerah dalam proses pembangunan untuk mengatasi permasalahan.

Pemerintah Kabupaten Bintan Menyelenggarakan Forum Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bintan Tahun 2015 di Aula Kantor Bupati, Bintan Buyu, Senin (2/3/2015). Pelaksanaan Forum SKPD dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dari tanggal 2 s.d 3 Maret 2015. Peserta Forum SKPD berasal dari perwakilan masing – masing SKPD yang ada di Kabupaten Bintan.

Pembukaan Forum SKPD Kabupaten Bintan Tahun 2015 di buka oleh Wakil Bupati Bintan Drs. Khazalik. Di dalam pembukaan acara tersebut juga hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan, Para pimpinan DPRD beserta anggota, Asisten Bupati, Staf Ahli Bupati, Para Kepala SKPD, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Di dalam sambutannya, Wakil Bupati Bintan, Drs. Khazalik mengatakan, bahwa perkembangan sumber daya manusia mengalami peningkatan dengan dibuktikannya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari sebelumnya 76,10 pada tahun 2013 menjadi 76,51 di tahun 2014. Selain itu juga didukung dengan peningkatan pendapatan per kapita pada tahun 2014 yang cukup tinggi yaitu sebesar 37,3 juta/tahun dan diharapkan kedepannya dapat memberikan kontribusi dalam menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Bintan.

Khazalik juga menyampaikan, bahwa ada beberapa hal yang menjadi isu faktual yang menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Bintan dalam merumuskan suatu kebijakan pembangunan daerah, antara lain : 1. Masih adanya angka kemiskinan dan pengangguran terbuka, sebagai akibat dari pengaruh krisis ekonomi global yang menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat. 2. Belum optimalnya pemanfaatan potensi ekonomi wilayah yang bertumpu pada keunggulan komparatif, 3. Belum terpenuhinya secara optimal kebutuhan dasar masyarakat, 4. Perlunya infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan yang memadai dalam rangka mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya ekonomi pedesaan, serta 5. Masih rendahnya kualitas sumber daya manusia terutama angka kerja produktif.

Selain itu juga, Khazalik mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah  agar didalam penyusunan suatu kegiatan harus jelas indikator kinerjanya baik indikator keluaran maupun indikator hasil yang akan dicapai, dan di dalam perumusan suatu kegiatan harus mampu untuk dilaksanakan pada tahun yang bersangkutan, dengan kata lain perencanaan disusun dengan memperhatikan kemampuan dan sumber daya yang tersedia. Serta selain itu juga seluruh SKPD agar dapat memperhatikan sinergisitas baik didalam SKPDitu sendiri maupun antar SKPD.

Proyeksi struktur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Bintan untuk tahun 2016 diperkirakan mengalami pergeseran dibandingkan dengan APBD tahun 2015. Berkenaan dengan turunnya jumlah belanja untuk tahun 2016 pemerintah Kabupaten Bintan menyikapi dengan bijak dan arif dalam penentuan skala prioritas pembangunan.  Pesan khazalik kepada seluruh SKPD dalam menyusun rencana kerja untuk tahun 2016 agar mengambil langkah – langkah dan strategi yang tepat. Antara lain, harus berpedoman pada rancangan RPJPD Kabupaten  Bintan tahun 2005 s.d 2025, dari hasil evaluasi RPJMD 2010 s.d 2015 dan rancangan renstra SKPD tahun 2016 s.d 2020, menetapkan prioritas pembangunan lebih ketat dan selektif, melakukan pengurangan terhadap belanja – belanja kegiatan rutin yang tidak diperlukan,  serta menerapkan prinsip – prinsip umum penganggaran yang lebih efektif dan efisien.ujar Khazalik.

166 total views, 166 views today

Khazalik Jabat Plh Bupati Bintan Gantikan Ansar Selama Pergi Umroh

|

Bupati Bintan yang saat ini masih dijabat oleh Ansar Ahmad, untuk sementara waktu digantikan oleh Wakilnya yakni Khazalik untuk menjabat kekosongan sementara jabatan kepala daerah selama Ansar Ahmad menunaikan ibadah Umroh ditanah suci Mekah selama beberapa hari kedepan.
Khazalik ditunjuk ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Bintan oleh Ansar Ahmad selama 10 hari kedepan terhitung sejak Kamis (26/2) hingga Sabtu …

687 total views, 172 views today

Wakil Bupati Buka STQ Kecamatan Bintan Utara

|
Pembukaan STQ Kecamatan Bintan Utara

Bintan – Guna meningkatkan akhlak generasi muda, Kabupaten Bintan terus melakukan berbagai kegiatan Islami. Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ)Ke VI, digelar diGedung Nasional kecamatan Bintan Utara. Kamis (26/2)
STQ Ke VI Tingkat kecamatan Bintan Utara mengusung tema “Kita jadikan sarana pendalaman makna Al-Quran untuk membangun masyarakt yang berkualitas” tersebut, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan …

1,082 total views, 4 views today

DPR RI Gesa Perbaikan Kebutuhan Listrik Bintan

|
Wakil Bupati Sedang Memaparkan kawasan Pariwisata di Bintan Kepada Anggota DPR RI

BINTAN – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) menilai potensi investasi di Kabupaten Bintan sangat berpotensi. Untuk itu, Komisi VII DPR RI akan berupaya melakukan perbaikan infrastruktur sumber energi dalam memperbaiki kebutuhan listrik agar mendukung investasi di Bintan dimasa yang akan datang.
Ketua Komisi VII DPR RI, Mulyadi saat mengunjungi Gedung Bintan Expo Center menjelaskan, semua rencana investasi akan berjalan …

325 total views, 4 views today

Pemkab Bintan Berdayakan Masyarakat Tempatan Untuk Pengembangan Desa Wisata

|
Dapur Arang Desa Berakit

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan berencana akan mengembangkan beberapa Desa yang ada di Kabupaten Binta untuk dikembangkan sebagai tempat wisata yang baru di Bintan. Bupati Bintan, Ansar Ahmad menyebutkan, rencana pengembangan kawasan Desa wisata akan dilakukan tahun ini.
Namun, Ansar menegaskan, pengembangan kawasan desa wisata tidak hanya dari segi infrastrukturnya saja. Akan tetapi, pemberdayaan masyarakat juga akan disejalankan dengan pengembangan daerahnya. Hal …

163 total views, 3 views today

Ajak Perguruan Tinggi Lebih Mengabdi ke Masyarakat

|
Bupati sedang memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Umrah

Pemerintah Kabupaten Bintan membuka tangan selebar-lebarnya kepada perguruan-perguruan tinggi yang hendak melaksanakan tri dharma pendidikan butir ketiga, yakni pengabdian ke masyarakat. Bupati Bintan Ansar Ahmad menegaskan, bahwasanya Pemkab Bintan siap mengucurkan anggaran untuk pengabdian perguruan tinggi ke masyarakat. “Karena sudah seharusnya fokus perguruan tinggi itu tidak hanya kerja-kerja pendidikan dan penelitian. Tapi, juga memperkuat pengabdian ke masyarakat. Kalau memang perlu …

409 total views, no views today

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Kunjungi Objek Wisata Kabupaten Bintan

|
Bupati Bersama Rombongan mengunjungi Pulau Nikoi

Pemerintah Kabupaten Bintan untuk kesian kalinya dikunjungi oleh beberapa menteri Kabinet Kerja yang dibentuk oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Kabupaten Bintan merupakan salah satu Kabupaten yang terkenal dengan keindahan objek wisata pantainya. Pada saat ini, minggu (22/02/2015), Pemerintah Kabupaten Bintan dikunjungi oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.
Menteri Pariwisata, Dr. Ir. Arif Yahya, M.Sc sampai …

314 total views, 4 views today