Bintan Menuju Kabupaten Smart City

17264866_1420865774642615_4876048924263126798_n

Media Centre Bintan – Platform Smart City Nusantara (SCN) milik PT. Telkom Indonesia (Persero) siap mendukung Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan menuju kota digital demi meningkatkan kesejahteraan serta produktivitas dari masyarakat .

Saat melakukan kunjungan ke Living Lab Smart City Nusantara di Kantor Telkom, Jl. Gunung Sahari, Jakarta, Jum’at siang (10/3) Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos melihat beberapa solusi yang cocok digunakan di Daerah Kabupaten Bintan menuju Kabupaten/Kota yang cerdas .

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos juga mengatakan bahwa era percepatan informasi untuk membangun tata kelola Pemerintah Daerah yang baik tentunya harus didukung dengan tekhnologi yang mumpuni . Menurutnya , Kabupaten Bintan memiliki beberapa program unggulan berbasis Bidang Kesehatan , Bidang Pelayanan Jasa Masyarakat , Bidang Pemerintahan , Bidang Pendidikan serta Pembangunan Desa yang harus terus didorong . Dengan pengelolaan program Smart City yang bisa diterapkan di Kabupaten Bintan , maka beberapa akses program unggulan akan lebih berjalan dengan baik .

“Kabupaten Bintan memiliki beberapa permasalahan mendasar seperti masih lemahnya jaringan internet dengan kondisi banyak pulau yang tersebar , tentunya solusi dengan program Smart City terkait dengan beberapa program unggulan di Kabupaten Bintan bisa berjalan dengan baik ” ujarnya .

Diketahui bahwa , Telkom Smart City Nusantara sendiri terdiri dari Digital Broadband Infrastruktur sebagai platform dasar dan 7 Vertical Solution yang terdiri dari : Smart Government, Smart Education, Smart Healthcare, Smart Security, Smart Transportation, Smart Environment dan Smart Citizen.

Dengan adanya 7 solusi vertikal tersebut maka ciri khas dan keragaman daerah tetap dapat dilakukan dan implementasikan dengan baik. Kelebihan lain dari konsep Smart City Nusantara adalah mengadopsi platform dan berbagai aplikasi Smart City dari pengembang aplikasi lokal yang paham dan spesifik dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia.

“Saat ini sudah ada 5 layanan aplikasi Smart City yang bisa dimanfaatkan oleh tata kelola pemerintahan ” ujar Firdaus Goverment BGES Rikep PT Telkom yang ikut mendampingi .

Layanan pertama adalah e-Office, dimana e-Office memudahkan tatakelola korespondensi pemerintahan secara digital. Dengan menggunakan layanan tersebut, penggunaan kertas bisa dipangkas, risiko pemalsuan surat diperkecil, dan semua historis dan log surat dapat terekam , Kedua adalah E-Kelurahan dan E Desa dimana E-Kelurahan dan E Desa akan mempermudah pengelolaan administrasi data kependudukan. Sebab, pencatatan dan pendataan administrasi untuk surat rujukan, surat keterangan, hingga surat pengantar dibuat secara elektronik yang datanya tersimpan dengan aman dan lengkap di server Telkom. Ketiga adalah layanan kesehatan terpadu e Puskesmas dan melalui layanan ini pasien dapat melakukan registrasi online menggunakan NIK (Nomor Identitas Kependudukan) sebelum datang ke Puskesmas tertentu.Layanan e Puskesmas juga akan membuat Dinas Kesehatan semakin termudahkan dalam memonitor data kesehatan masyarakat. Layanan ke empat paling menarik adalah bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan ke pemerintah untuk ditindak lanjuti secara langsung. Mulai lampu jalan yang rusak, hingga lampu lalu lintas mati. Laporan masyarakat yang dilakukan melalui website atau aplikasi Android tersebut akan langsung diterima petugas terkait untuk segera disolusikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ronny Kartika, S.STP yang ikut serta dalam rombongan mengatakan bahwa dirinya menyambut baik atas program Smart City yang dicetuskan Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos , menurutnya beberapa solusi pemenuhan Jaringan FO , Program E-Goverment , PPDB On Line , E- Puskesmas , E-Office , E- Kelurahan serta pemasangan Satelit Mangoesky di seluruh pedesaan akan membantu percepatan pelaporan di Desa .

” Hasil pertemuan tadi , akan ada tindak lanjut dimana Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos memprioritaskan beberapa program unggulan seperti E-Puskesmas serta pemasangan satelit Mangoesky di setiap Desa di Kabupaten Bintan , bila hal ini terwujud tentunya dalam waktu dekat kita akan melihat perubahan yang signifikan ” tutupnya .

Turut hadir Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Bintan M.Yatir , Kepala BPPPD Wan Rudi, Kepala BPKAD Setioso , Kepala DPMPTSPTK Hasfarizal Handra , Kepala Dinas Kesehatan Dr Gama, Kepala Dinas Pendidikan Thamsir dan Dinas Terkait .

599 total views, 1 views today

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *