Bintan Raih Nilai B Dalam Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan

Media Center Bintan – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 kepada Pemerintah Kabupaten/Kota di Bandung, Rabu (25/01). Penyerahan LHE AKIP tahun 2016 ini dibagi menjadi tiga regional, di mana regional pertama mewakili wilayah Sumatera, Banten, dan Jawa Barat.

Regional I yang dievaluasi oleh Kementerian PANRB, mewakili 172 Pemerintah Kabupaten/Kota. Di regional I, terdapat satu Pemerintah Kota yang mendapatkan predikat A dan tiga Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat BB. Sementara 17 Pemerintah Kabupaten/Kota mendapatkan predikat B, 81 Kabupaten/Kota berpredikat CC, 69 Kabupaten/Kota berpredikat C, dan satu Kabupaten dengan predikat D.

kabupaten bintan meraih predikat B Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) tahun 2016 dan langsung diterima oleh kepala inspektorat kab. Bintan RM. Akib Rachim, MM yang dalam hal ini mewakili wakil bupati bintan Dalmasri Syam, MM

Menteri PANRB, Asman Abnur, dalam pengarahannya, mengapresiasi capaian yang telah didapat oleh Pemerintah Kabupaten/Kota dengan predikat baik hingga sangat baik. Namun dirinya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang belum mendapatkan hasil maksimal agar mengoptimalkan implementasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) untuk terus memperbaiki tata kelola pemerintahannya.

“Ia menekankan kepada seluruh kabupaten/kota pentingnya mewujudkan pemerintahan yang berorientasi hasil dengan mengubah mind set bekerja secara terstruktur untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, keseriusan dan komitmen pimpinan instansi pemerintah juga menjadi perhatian yang ditegaskan oleh Menteri Asman guna mendorong percepatan implementasi reformasi birokrasi.

“Saya mengharapkan Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah untuk lebih serius lagi untuk memberikan perhatian bagi terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” tegasnya.

Sementara itu, Ka. Inspektorat Kabupaten bintan RM. Akib Rachim, MM disela-sela acara penyerahan mengatakan bahwa, pencapaian yang diraih kabupaten bintan ini akan terus ditingkatkan dengan cara mengevaluasi pelayanan-pelayanan publik yang memang itulah point-point indikator penilaian yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam menilai Hasil Laporan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP).

“Langkah yang akan dilakukan pemerintah kabupaten bintan dalam meningkatkan laporan hasil evaluasi adalah dengan melakukan pembenahan seluruh sarana dan prasarana pelayanan publik dengan mengefektifkan layanan secara online atau e-goverment agar memudahkan kepala daerah untuk memantau sampai dimana pencapaian kegiatan yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” dikatakan Ka. Inspektorat

Selain itu, kita juga telah mengutus beberapa staf untuk mengikuti coaching clinic yang diadakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), terdapat pusat sarana ketersedian publik yang nantinya banyak yang di dibahas terkait pengoptimalan implementasi sistem akuntabilitas kinerja,” tutupnya

4,764 total views, 1 views today

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published.

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published.