Pelantikan Sekertaris KPU Kab. Bintan

PELANTIKAN: Pejabat baru Sekretaris KPU Bintan Zainal Katan (kanan) meneken surat pelantikan jabatan di Hermes Kawal

PELANTIKAN: Pejabat baru Sekretaris KPU Bintan Zainal Katan (kanan) meneken surat pelantikan jabatan di Hermes Kawal

Zainal Katan resmi menjabat Sekretaris KPU Bintan setelah pengambilan sumpah dan pelantikan di Hermes Agro Resort, Selasa (30/4). Pelantikan mantan Camat Toapaya tersebut dilakukan oleh Sekretaris KPU Provinsi Kepri, Ardianto Hadibroto.

Di sela-sela prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan Sekretaris KPU Bintan, Ardianto menyampaikan, jabatan yang diemban Zainal Katan tersebut merupakan suatu amanah negara. Saat ini sudah memasuki tahapan Pemilu 2014 yang krusial.

Pejabat Sekretaris KPU diminta segera menyesuaikan diri di lembaga vertikal yang ada dari tingkat pusat sampai bersinergi ke tingkat RT. KPU merupakan ujung tombak pelaksanaan demokrasi negara. Justru itu diharapkan ada koordinasi dengan Pemkab Bintan dan semua pihak terkait dalam hubungan kerja.

“Sesuai undang-undang nomor 15/2011, KPU hanya penyelenggara Pemilu yang melaksanakan kebijakan sesuai aturan undang-undang. Pemilu 9 April 2014 bukan waktu yang lama. Sekarang sudah memasuki tahap verifikasi Bacaleg dan calon anggota DPD. KPU bekerja penuh waktu,” sebut Ardianto.

Sekda Bintan, Ir. Lamidi, mengungkapkan, Pemkab Bintan akan mendukung KPU dalam mensukseskan Pemilu. Sekretaris KPU yang baru diminta agar hati-hati dalam penggunaan anggaran dari APBN, APBD Provinsi Kepri maupun APBD Bintan. Jangan sampai terjadi tumpang-tindih anggaran. Kegiatan yang belum terakomodir dalam anggaran segera diusulkan kepada Pemkab Bintan.

“Dalam menjalankan tugas selalu berkoordinasi dengan Disduk, Kesbangpol Linmas, pemerintah kecamatan sampai ke tingkat bawah serta pimpinan FKPD lainnya,” pesan Sekda Bintan.

Ketua KPU Bintan, Arison, menambahkan, KPU dalam menjalankan tugas sama seperti sistem komando terhadap aturan undang-undang. Dalam menjalankan tugas selama ini, KPU Bintan tidak ada menghadapi kendala.

Saat ini, KPU sedang melakukan sosialisasi tentang pemutakhiran data dari DAK2 yang diserahkan Pemkab Bintan. Data itu akan dilakukan pencocokan dan penelitian untuk penetapan daftar pemilih sementara (DCS) sejak 9 Mei sampai 9 Juni oleh 305 pantarlih.

“Dalam pemutakhiran data nanti, siapapun yang berdomisili lebih dari 6 bulan wajib didata sebagai pemilih. Baik yang ada KTP maupun tidak ada KTP, itu ketentuan undang-undang. Bagi yang belum memiliki KTP harus diketahui pejabat RT, RW dan dibenarkan juga oleh pemerintah desa atau lurah setempat,” demikian ditambahkan Arison.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Sekretaris KPU Bintan dihadiri Ketua DPRD Bintan, Lamen Sarihi, Kepala Kesbangpol Linmas Irma Annisa, pimpinan FKPD dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemkab Bintan. (fre)

No views yet