Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Harus Dilaksanakan Secara Efektif

DSC_4094

Media Center Bintan – Pembinaan dan monitoring (pengawasan) terhadap pengelolaan keuangan desa merupakan salah satu prioritas yang harus dilaksanakan seefektif mungkin dan harus mendapat dukungan penuh dari instansi terkait. Hal ini diungkapkan Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM saat memimpin rapat Pembentukan Tim Pembina Pelaksanaan dan Monitoring Keuangan Desa di ruang rapat III Sekretariat Daerah Kabupaten Bintan, Rabu (15/3).

Didampingi Asisten I Sekretariat Daerah bidang Pemerintahan Drs. Ismail, M.Pd dan turut hadir Inspektur Daerah Kabupaten Bintan Drs. R. M. Akib Rachim, MM, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Ronny Kartika, S.STP, camat se-Kabupaten Bintan dan beberapa OPD terkait, Plt. Sekretais Daerah Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM menyampaikan bahwa pembahasan ini merupakan hal yang sangat urgen (penting) sebab pada prinsipnya ini adalah pembinaan yang berkelanjutan.

“Sumber Daya Manusia yang mengelola keuangan desa masih sangat minim dan ini menjadi salah satu kelemahan yang ada. Kami dari Pemerintah Daerah mengaharapkan agar hal ini diatur kembali supaya yang bertanggung jawab atas laporan penggunaan anggaran desa sepenuhnya kepada Kepala Desa dan bukan Sekretaris Desa. Ini merupakan pembinaan yang semestinya dilakukan dengan perencanaan yang baik dan jangan sampai ada simpang siur informasi. Lakukan koordinasi dengan baik dan harus diperhitungkan” ungkapnya saat membuka rapat.

Ronny Kartika, S.STP selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menyampaikan agar pembentukan Tim Pembina ini harus mempunyai kerangka kerja yang sistematis. Jangan sampai nantinya pembinaan ini hanya setengah jalan dan tanpa monitoring yang berkesinambungan. “Kami mengajak kepada Inspektorat, BPKAD dan OPD terkait agar sama-sama memberikan pembinaan yang tersusun dengan sistematika yang jelas. Kami juga mengharapkan kepada seluruh camat yang ada agar mampu memberikan prioritas pada pengelolaan keuangan desa” tegasnya.

“Menurut hemat kami, rencana pembentukan Tim Pembina Pengelolaan Keuangan Desa ini sangat membantu tugas camat dalam melakukan pembinaan kepada perangkat desa. Kami berharap agar koordinasi antara tim pembina dengan masing-masing kecamatan dapat terjalin dengan baik sehingga harapan kita bersama pengelolaan keuangan desa untuk dapat memajukan desa tersebut dapat terealisasikan” ungkap camat Bintan Pesisir Zulkhairi, SE saat diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat.

Drs. R. M. Akib Rachim, MM disela-sela rapat menyampaikan beberapa masukan guna pengembangan lebih lanjut sebagai referensi tambahan untuk pelaksanaan pembinaan nantinya. Disampaikannya bahwa Inspektorat Daerah Kabupaten Bintan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan pembinaan ini dan siap untuk melakukan pengawasan sesuai dengan fungsi Inspektorat Daerah yang berperan mengawasi setiap pelaksanaan kegiatan maupun pengelolaan keuangan.

Sebelum mengakhiri rapat, Drs. Adi Prihantara menambahkan dan meminta OPD terkait secepatnya melakukan tindak lanjut dari hasil rapat ini agar sesegera mungkin perencanaan ini dapat diaplikasikan. “Lakukan pembinaan yang tepat dan jangan ada lagi kebingungan dan kerancuan dalam membuat SPJ Desa. Untuk verifikasi dilakukan oleh tim dari Kecamatan di bawah komando DPMD” tutpnya.

1,983 total views, 2 views today

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *