Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan Dukung Pemanfaatan Kawasan Perbatasan

Media Centre Bintan – Bertempat di Lantai.3 Ruang Rapat Sekda Provinsi Kepulauan Riau , Pulau Dompak , Kamis siang ( 16/3 ), Plt.Sekda Kabupaten Bintan Drs.Adi Prihantara, MM bersama Sekda Kota Tanjungpinang Drs.Riono, M.Si menandatangani Berita Acara Kesepakatan Rencana Pemanfaatan Ruang Wilayah Perbatasan Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan yang disaksikan langsung oleh Sekda Provinsi Kepulauan Riau DR. H. TS Arif Fadillah, S.Sos, M.Si , Kepala Dinas PU dan Tataruang Provinsi Kepri Ir. Abu Bakar, MT , Kepala BPPPD Kabupaten Bintan Wan Rudi serta Unsur OPD Provinsi Kepri , OPD Kabupaten Bintan , OPD Kota Tanjungpinang dan Unsur Terkait lainnya .

Dalam kesempatan tersebut , Sekda Provinsi Kepulauan Riau DR.H.TS.Arif Fadillah , S.Sos , M.Si mengatakan bahwa dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota beserta rincinya dimana setiap RTR ( Rencana Tata Ruang ) harus mendapat persetujuan substansi dari Kementerian Agraria dan Tataruang dan salah satunya persyaratan pengajuan substansi tersebut adalah kesepakatan tentang Pemanfatan Kabupaten/Kota yang berbatasan langsung, jadi kesepakatan ini merupakan bagian dari persyaratan pengajuan substansi yang dalam hal ini Kota Tanjungpinang berbatasan langsung melalui jalur darat dengan Kabupaten Bintan sehingga perlu disepakati Pemanfaatan Tataruang Kawasan Perbatasan tersebut.

Menurutnya juga bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga memiliki kewajiban untuk memfasilitasi Pemerintah Kota Tanjungpinang dan Pemerintah Kabupaten Bintan dengan mengarahkan pada Pemanfaatan Area Tata Ruang Perbatasan dimana acuan dalam Pemanfaatan Tataruang harus mengacu pada Perda No.1 Tahun 2017 tentang RT/RW Prov Kepri Tahun 2017 -2037 dan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.76 /LHK/ 2017 dan Perubahan Kawasan Hutan di Provinsi Kepulauan Riau.

” selanjutnya perlu kami informasikan bahwa kesepakatan yang dilaksanakan pada hari ini bukan merupakan kesepakatan Tapal Batas Wilayah namun merupakan Kesepakatan Pemanfaatan Tata Ruang yang berada di Kawasan Perbatasan Wilayah Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan , adapun kesepakatan batas wilayah akan digesa penyelesaian yang selanjutnya tentunya melalui Keputusan Menteri Dalam Negeri ” ujarnya .

Sementara itu, Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs. Adi Prihantara, MM seusai penandatanganan Berita Acara mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan tentunya mendukung dalam pemanfaatan Tataruang yang berada di Kawasan Perbatasan dimana hal ini akan memberikan pemanfaatan bagi kesejahteraan masyarakat .

” tentunya Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan sangat mendukung dalam pemanfaatan Tataruang Kawasan Perbatasan bagi masyarakat banyak ” tutupnya .

4,392 total views, 1 views today

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published.

Tinggalkan komentar Anda

Your email address will not be published.