Pemkab Bintan Kembali Masuk Nominasi Kabupaten Sehat Tahun 2017

Media Centre Bintan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan mulai mempersiapkan diri guna menghadapi penilaian dari Tim Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, hal itu dilakukan setelah secara resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan masuk dalam nominasi peraih penghargaan Kabupaten Sehat Tk Nasional Tahun 2017. Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan , Hj.Deby Apri Sujadi mengatakan dirinya berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bintan yang langsung berkaitan hendaknya dapat bersinergi dengan kegiatan Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan.

“ Dari 173 Kabupaten/Kota di seluruh Tingkat Provinsi hanya 78 Kabupaten/Kota yang dinyatakan lolos Tingkat Nasional termasuk Kabupaten Bintan. Untuk menghadapi penilaian ini, tentunya kita berharap agar semua OPD bisa bersinergi dengan program-program yang mendukung penilaian Kabupaten Sehat. Karena Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat TK Nasional sewaktu-waktu akan turun ”, ujarnya saat dihubungi, Minggu pagi (10/9).

Dirinya juga mengatakan bahwa sejumlah OPD terkait seperti Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga , Dinas Pariwisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dekranasda serta unsur PKK ( Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ) sudah harus memperlihatkan peranan dan program-program unggulannya.

“ Keterlibatan semua pihak terkait penilaian ini, diharapkan mampu menghantarkan Kabupaten Bintan kembali meraih penghargaan Kabupaten Sehat TK Nasional Tahun 2017, tentunya melalui beberapa program unggulan seperti pengelolaan Bank Sampah, ataupun program PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ) “ ujarnya.

Diketahui bahwa pemberian penghargaan terhadap pelaksanaan Program Kabupaten/Kota Sehat TK Nasional dilakukan setiap 2 tahun sekali (pada tahun ganjil). Dalam selang waktu tersebut dilaksanakan seleksi terhadap Kabupaten/Kota oleh Tim Seleksi Kab/ Kota Sehat Tingkat Provinsi. Selanjutnya pengiriman hasil seleksi Kab/Kota Sehat oleh Tim Penilai Tingkat Provinsi ke Pusat ( dengan melampirkan formulir penilaian dan dokumen pendukung ) sesuai pedoman verifikasi. Sedangkan jenis penghargaan nantinya diklasifikasikan antara lain Penghargaan PADAPA (Pemantapan) dengan penilaian minimal 2 tatanan , Penghargaan WIWERDA (Pembinaan) dengan penilaian 3 – 4 tatanan dan Penghargaan WISTARA (Pengembangan) dengan penilaian lebih dari 5 tatanan.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan sendiri pada tahun 2015 yang lalu berhasil meraih penghargaan Kabupaten Sehat TK Nasional Kategori Padapa. Untuk Tahun 2017 ini, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Hj. Deby Apri Sujadi menargetkan agar Kabupaten Bintan bisa meraih Penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Wiwerda.

” Kita juga mengharapkan agar masyarakat dapat ikut serta berpartisipasi karena ditargetkan ada 4 Tatanan yang akan diikuti Kabupaten Bintan guna meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana
Umum yang sehat , Kehidupan Masyarakat yang Sehat dan Mandiri, Kawasan Industri dan Perkantoran sehat , serta Kawasan Pariwisata Sehat ” tutupnya.

3,928 total views, 2 views today