Pemkab Bintan Usulkan 3 Daerah Percontohan Program e-warong Kemensos

Media Centre Bintan – Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan akan mendorong 3 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan sebagai daerah percontohan guna mensukseskan program e -Warong Perdesaan ( Program Warung Elektronik ) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia . Diketahui bahwa bantuan e – warong tersebut merupakan bantuan dalam bentuk uang non tunai yang bertujuan membantu masyarakat yang tergabung dalam Program Keluarga Harapan ( PKH ) .

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Naharuddin mengatakan bahwa ke 3 daerah yang didorong guna mensukseskan program tersebut antara lain Kecamatan Tuapaya, Kecamatan Teluk Sebong serta Kecamatan Sri Kuala Lobam . Ketiga daerah tersebut didorong lebih dikarenakan bahwa dalam penyaluran Program e-warong maka daerah tersebut harus mempunyai akses internet yang baik .

Ditambahkannya juga, bahwa Program dari Kementerian Sosial itu ditargetkan pada tahun 2019 seluruh daerah di Indonesia penyaluran bantuan PKH nya sudah berbasis intenet yaitu melalui program e-warung . Nantinya masyarakat yang tergabung dalam program
PKH non tunai akan mendapatkan kartu yang akan disubsidi setiap bulannya sebesar Rp 150.000 .

” Kartu Non Tunai tersebut bisa langsung dibelanjakan di warung yang dikoordinasikan di daerah, namun untuk membeli produk pangan yang sudah ditentukan jenisnya yaitu beras, gula, minyak goreng dan telur . Nantinya oleh Kementerian Sosial RI seluruh bantuan APBN penyaluran Bantuan Non Tunai seperti PKH, RASTRA , KUBE, UEP KIS dan KIP ditargetkan pada tahun 2019 sudah menggunakan program e-warong jadi tidak digunakan untuk hal yang lain , maka dari itu daerah yang belum terakses internet Dinas Sosial juga akan mendata nantinya Pemerintah akan berkoordinasi ke Kementerian Kominfo bagi menyiapkan koneksi ini ” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bintan , Bandar Seri Bentan , Kamis sore ( 13/4 ) .

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos saat kegiatan gotong royong di TPU Kijang , Kecamatan Bintan Timur beberapa waktu lalu ( 8/4 ) juga mengatakan bahwa terkait lemahnya interkoneksi internet di beberapa titik kawasan khususnya Kecamatan Tambelan , dirinya telah menginstruksikan jajarannya melalui Dinas PMD , BPPD dan Bagian Kominfo serta ditambah Dinas Sosial Kabupaten Bintan untuk segera melaporkan ke Kementerian terkait , agar hal ini segera cepat diatasi .

Menurutnya , Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan saat ini juga mempunyai sejumlah program pelayanan kepada masyarakat yang tentunya membutuhkan dukungan akses penguatan jaringan internet agar jalur birokrasi pelayanan dapat dengan cepat dilayani .

” Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan juga mempunyai program pelayanan serupa seperti e-warong dari Kementerian Sosial ini , dimana hal ini sangat membutuhkan akses internet yang kuat didaerah, beberapa pelayanan yang akan kita gesa seperti e – puskesmas , e – desa serta e-goverment yang akan berguna bagi pelayanan cepat kepada masyarakat dengan memangkas jalur birokrasi serta rentang jarak dan waktu ” ujarnya .

1,055 total views, 1 views today