Penggunaan Satelit Manggoes Sky Bagi Wilayah Terpencil .

Media Centre Bintan – Salah satu ciri keberhasilan dan kemajuan suatu desa adalah tertib dan cepatnya proses administrasi dalam pelayanan kepada masyarakat . Dengan berjalannya program e – Goverment , e – Desa serta Program Simkeudes secara on line diharapkan proses pelayanan kepada masyarakat dapat lebih terintegrasi . Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika seusai memimpin Rapat Mekanisme Evaluasi APBDes TA 2017 dan Sosialisasi Program Internet Desa ( Manggoes Sky ) di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan , Bandar Seri Bentan , Senin ( 17/4 ) siang .

Ia juga mengatakan bahwa tindak lanjut atas percepatan penerapan Program Smart City yang digagas oleh Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos di Kabupaten Bintan maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan menghadirkan seluruh Camat , Lurah serta Kepala Desa agar mendengarkan langsung paparan dari Jajaran PT Telkom Kepri – Kota Batam terkait manfaat , sistem pengoperasian , biaya operasional hingga permasalahan jaringan di tiap desa .

” sesuai arahan Bapak Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos agar Program Smart City terlaksana di Kabupaten Bintan , maka kita mengadakan pertemuan yang menghadirkan Camat , Lurah serta Kepala Desa agar beberapa permasalahan di lapangan cepat teratasi , utamanya masalah jaringan internet , maka salah satu solusi yang coba kita dorong adalah penggunaan Satelit Manggoes Sky ” ujarnya .

Ditambahkannya juga, bahwa seusai rapat hampir semua desa sangat atensi terhadap penggunaan Satelit Manggoes Sky . Hasil pembahasan atas penggunaan aplikasi diketahui bahwa nantinya di harapkan terkait pendataan pelaporan , baik laporan keuangan maupun laporan administrasi sudah rapi dan tersusun dalam suatu sistem aplikasi, sehingga misalnya terjadi musibah seperti kebakaran datanya tidak akan hilang karena sudah tersimpan dalam aplikasi penyimpanan ( cloud ) .

” masalah penganggaran sudah kita sampaikan berapa besarannya sehingga diharapkan Pemerintah Desa bisa menganggarkan sendiri sehingga Program Manggoes Sky kita targetkan secepatnya bisa terlaksana ” ujarnya .

Sementara itu, Business Government Enterprise Service ( BGES ) PT Telkom Kepri Firdaus mengatakan bahwa beberapa penghematan anggaran akan didapat bila menggunakan aplikasi e Desa seperti penghematan biaya ATK , percepatan akses komunikasi , hingga penghematan tempat untuk penyimpanan database baik kependudukan maupun pembangunan desa .

” ada lebih dari 60 template dengan berbagai variasi manfaat yang coba kita tawarkan mulai dari sistem data permohonan KTP , form data kependudukan hingga surat pengantar ” ujarnya .

Diketahui juga bahwa dalam pemaparan dari PT Telkom Kepri diketahui bahwa Harga Instalasi program Satelit Manggoes Sky berkisar Rp 2.500.000,- dengan kapasitas 15 Giga Byte / Desa . Adapun manfaat produk Manggoes Sky dapat menjadi salah satu solusi khususnya dalam masalah akses internet di wilayah terpencil . Secara filosofi arti Mangoes Sky itu sendiri adalah Human Go to Sky ( Manusia ke Awan ) .

” Layanan yang disediakan oleh produk ini adalah layanan internet berbasis satelit dengan harga yang murah . Area layanan daripada produk ini juga meliputi seluruh wilayah di Indonesia ” tutupnya .

2,929 total views, 1 views today