Sambut Nindya dan Madya Praja, Bupati : Pengalaman Itu Mahal

Media Center Bintan – Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos menjadi Pembina pelaksanaan Apel Pembukaan Praktek Lepangan III & II Angkatan XXVI & XXVII Institut Pendidikan Dalam Negeri Kampus Sumatera Barat tahun 2018 di Lapangan Relief Antam Kijang, Senin pagi (16/4). Para Praja IPDN Kampus Sumbar ini nantinya akan melalukan praktek lapangan di 11 Desa yanh tersebar di empat Kecamatan, yakni Kecamatan Teluk Sebong, Kecamatan Teluk Bintan, Kecamatan Gunung Kijang dan Kecamatan Toapaya.

Apel ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bintan, Ketua DPRD Bintan, FKPD Bintan, OPD Bintan, Direktur IPDN Kampus Sumatera Barat, Tokoh Masyarakat dan segenap ASN Bintan bersama pelajar SLTA Bintan. Kegiatan praktek lapangan jni didasaei oleh Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2015 tentang Statuta IPDN. Tujuannya tak lain untuk memperkenalkan dan mendekatkan peserta didik praja IPDN terhadap pelaksanaan Pemerintahan, pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Bintan memberikan apresiasi kepada IPDN Kampus Sumbar yang telah hadir dan melaksanakan praktek lapangan ke Bintan. Dirinya berharap, segala ilmu yang telah didapat dalam Institut tersebut dapat dipadukan dengan pengalaman ASN yang ada di Aparatur Desa.

“Praja IPDN ini masih muda semua, aset kita bersama. Ilmu yang mereka dapat dan bawa ke sini kita harapkan dapat dipadu dengan pengalaman operasional Pemerintahan di sini. Baik administrasi maupun hal lainnya, jadi perangkat Desa bisa mengambil ilmu dari mereka, mereka bisa mengambil pengalaman dari perangkat Desa yang ada, sebab tidak bisa kita pungkiri, pengalaman itu mahal. Mereka ke sini kita harapkan bisa mendapat pengalaman yang berharga itu” ungkapnya saat ditemui usai Apel.

Peserta didik yang mengikuti praktek lapangan ini berjumlah 139 orang, terdiri dari 39 Nindya Praja dan 100 Madya Praja. Selama 28 hari mulai 16 April – 28 Mei ke depan, semua peserta akan bergabung bersama Pemerintah Desa yang telah ditetapkan untuk bersama-sama menjalankan roda Pemerintahan.

Program kerja yang akan dilaksanakan meliputi program umum yakni mempelajari dan menganalisis bidang Pemerintahan, pembangunan maupun kemasyarakatan. Selanjutnya program khusus yakni mempelahari dan memahami proses perencanaan dan penganggaran Desa sampai kepada pelaporan keuangan. Terakhir program bedah rumah dan pengabdian masyarakat. Dari data yang dihimpun, akan ada 6 unit rumah yang tersebar di Desa Toapaya, Desa Toapaya Selatan, Desa Tembeling, Desa Teluk Bakau dan Desa Ekang Anculai.

4,221 total views, 0 views today