Bintan Kembali Siap Beradu Cipta Menu B2SA Tingkat Provinsi Pekan Hadapan

Media Center Bintan – Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) merupakan perlombaan menciptakan menu makanan yang menjadi agenda tahunan bagi TP PKK di tingkat Kel/Desa hingga nasional. B2SA sendiri adalah susunan beraneka ragam makanan untuk sekali makan atau sehari, yang mengandung zat guzi dalam jenis dan jumlah yang sesuai kebutuhan tubuh serta aman untuk dikonsumsi.

Dalam menyusun menu B2SA perlu memperhatikan umur, jenis kelamin, aktifitas, berat badan dan keadaan psikologis serta menggunakan ukuran porsi, alat bantu ukuran rumah tangga (URT) dan daftar bahan penukar.

Bintan memiliki catatan cemerlang dalam event bergengsi bagi kaum hawa ini. Seperti tahun kemarin, perwakilan Kabupaten Bintan berhasil mewakili Provinsi Kepri di tingkat nasional dan masuk dalam peringkat tiga besar. Tahun ini Bintan siap kembali berkompetisi mulai dari tingkat Provinsi hingga nasional.

Hal itu disampaikan Hj. Dwi Qori Handayani selaku Wakil III TP PKK Bintan usai menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba cipta menu B2SA tingkat Kabupaten Bintan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan. Menurutnya, Bintan siap mengulang prestasi yang telah diukir di kancah nasional.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar hari ini. Semua menu yang disajikan juga mendapat respon positif dari juri. Juri kita kan Chef profesional, InsyaAllah beliau kompeten dalam menilai. Dari yang terlihat tadi, kami optimis kita bisa menang lagi di Provinsi sampai nasional” ungkapnya.

Wakil Bupati Bintan Drs. H. Dalmasri Syam, MM didampingi Kepala OPD terkait yang turut hadir membuka acara juga memberikan apresiasi tinggi atas daya kreatifitas para peserta dari masing-masing Kecamatan. Dirinya takjub dengan gubahan menu masakan yang ditampilkan para peserta.

“Unik, unik sekali. Menunya beragam, gizinya harus tinggi, tapi rasanya bisa enak sekali. Tidak salah kalau dalam ajang ini Bintan mendapat tempat tersendiri di mata para peserta lain nantinya” ujarnya singkat usai meninjau presentasi hidangan peserta.

Hingga akhir kegiatan, Kecamatan Teluk Bintan keluar sebagai juara pertama dan berhak mewakili Kabupaten Bintan di tingkat Provinsi yang jadwalnya akan dilangsungkan pekan hadapan, (19/7). Berikut daftar pemenang Lomba Cipta Menu B2SA tingkat Kabupaten Bintan tahun 2019 :
Kategori B2SA
Juara I Kec. Teluk Bintan
Juara II Kec. Toapaya
Juara III Kec. Gunung Kijang

Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial
Juara I Kec. Gunung Kijang
Juara II Kec. Bintan Utara
Juara III Kec. Teluk Bintan

Dalam kesempatan ini juga diumumkan pemenang lomba Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Untuk Pengembangan Pangan (KRPL) dengan daftar pemenang sebagai berikut :
Juara I KWT Kemuning Desa Ekang Anculai Kec. Teluk Sebong
Juara II KWT Mandiri Desa Air Glubi Kecamatan Bintan Pesisir
Juara III KWT Nipah Pantai Desa Kuala Simpang Kec. Seri Kuala Lobam

77 total views, 1 views today