Deby Bangga, Hampir 80 Persen Posyandu di Bintan Berkategori Sangat Aktif

Media Center Bintan – Ketua TP PKK Bintan Hj. Deby Maryanti secara resmi membuka Workshop Peningkatan Kader Posyandu se Kabupaten Bintan, Jum’at pagi (29/11) di Aula Kantor Bupati Bintan. Sebanyak 750 peserta dengan rincian 150 perangkat Pemerintahan dan tenaga kesehatan, serta 600 kader Posyandu dari seluruh Kecamatan terlihat dengan cermat mendengarkan komitmen Deby yang di dalamnya juga terselip harapan besar bagi Posyandu.

Deby menuturkan bahwa Posyandu bisa menjadi central kesehatan di tengah masyarakat. Hal ini dikarenakan rutinitas bulanan bagi Ibu dan Bayi yang bisa disejalankan dengan pemeriksaan kesehatan.

“Yang penting dalam workshop ini kami ingin setiap kader lebig memahami penyelenggaraan Posyandu itu sendiri. Paham akan Lima Layanan Posyandu. Kita tidak sekedar mengejar berbagai penghargaan dan prestasi yang sudah maupun yang akan kita raih. Lebih dari itu, kita ingin Posyandu benar-benar punya peran besar bagi kesehatan masyarakat” paparnya lengkap.

Lima Layanan Posyandu itu sendiri merupakan pelayanan yang dilaksanakan pada hari buka Posyandu. Langkah satu sampai dengan empat dilaksanakan oleh Kader Posyandu, sedangkan langkah lima dilakukan oleh petugas sektor, yaitu petugas kesehatan, PLKB atau petugas sektor lainnya.

Deby kemudian menyebutkan bahwa lebih dari 75 persen Posyandu di Kabupaten Bintan berada pada kategori di atas Mandiri yang artinya hampir 80 persen Posyandu tercatat selalu aktif. Dari kenyataan ini, dirinya yakin bahwa kader Posyandu di Bintan bisa memberi sumbangsih besar bagi kesehatan masyarakat.

Turut dihadiri Ketua DWP Bintan Nong Adi Prihantara, Anggota DPRD Bintan Sri Wahyuni, Kepala OPD Bintan dan jajaran Pengurus PKK Bintan, workshop peningkatan kualitas dan mutu ini menghadirkan narasumber nasional yang diharapkan dapat semakin memacu semangat para kader Posyandu.

“Narasumber kita hadirkan dari nasional. Hj. Andi Adelia Maryani, S.Sos, M.Si itu Juara Nasional kader Posyandu tahun 2017 dan Imas Masriah yang juga Juara III Nasional kader Posyandu tahun 2019. Keduanya merupakan Penasehat dan Ketua Posyandu Puja Kusuma Kota Bandung” ungkap Kadis Kesehatan Bingan dr. Gama Isnaeni saat ditemui seusai kegiatan.

10,477 total views, 300 views today