Wakil Bupati kukuhkan Gugus Depan Pramuka 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika Tanjungpinang

Gerakan Pramuka dinilai salah satu organisasi yang menjadi wadah untuk mengembangkan minat dan bakat dalam membangun kepribadian diri generasi muda. Hal ini ditandai dengan sejumlah tokoh nasional maupun Kepala Daerah yang lahir dari anggota Pramuka.

Kegiatan Pramuka memiliki unsur pendidikan dan keterampilan dalam mengembangkan kemampuan diri. Sehingga bermanfaat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas yang akan kembali ke lingkungan masyarakat, setelah menjalani masa pembinaan.

” Kegiatan positif ini sangat bermanfaat bagi WBP, untuk berbaur bersama masyarakat,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kepri, Zaeroji, saat Pengukuhan Gugus Depan Pramuka 02-033 Pangkalan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika kelas IIA Tanjungpinang, Senin (5/8/2019).

Senada dengan Kakanwil Kemenkumham Kepri, Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam, selaku ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Bintan, bahwa kegiatan Pramuka, mampu menumbuhkan kreatif, inovatif dalam kehidupan generasi muda.

” Melalui kegiatan Pramuka ini, mampu melahirkan calon pemimpin bangsa yang berkarakter dimasa depan,” ujar Dalmasri, usai mengukuhkan Gugus Depan Pramuka 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika Tanjungpinang.

Kepala Lapas Narkotika kelas IIA Tanjungpinang, Mishbahuddin, selaku ketua Gugus Depan Pramuka 02-033 Pangkalan Lapas Narkotika yang baru dikukuhkan, menambahkan Pramuka sangat penting untuk membentuk budi pekerti luhur bagi setiap WBP.

Menurutnya, pembentukan Pramuka dikalangan WBP dilakukan di seluruh Lapas dan Rutan se-Indonesia. Pramuka sangat penting dalam membentik keterampilan WBP, sebelum kembali kelingkungan masyarakat.

” Ada 50 orang WBP yang menjadi Pramuka. Mereka ini juga di saring terlebih dahulu. Dilihat dari usia dan masa tahanan,” jelasnya.

 

29 total views, 1 views today