Thu. Jan 24th, 2019

Bupati Bintan Resmikan Rumah Kompos Kampung Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning

Media Centre Bintan – Ketersediaan pupuk bersubsidi bagi para petani Kabupaten Bintan masih belum dapat memenuhi ekspektasi yang diharapkan bagi petani karena seyogyanya saat ini, alokasi yang diterima masih dirasa kurang bagi kebutuhan petani di Bintan. Saat pertemuan dengan para petani dalam agenda Peresmian Rumah Kompos yang disejalankan dengan Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian di Kampung Sungai Jeram, Desa Lancang Kuning, Selasa (18/12) siang , Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos menyikapi bahwa Dinas Pertanian Kabupaten Bintan telah berencana membangun tiga titik lokasi rumah kompos yang nantinya diharapkan mampu memenuhi kebutuhan ekspetasi bagi pupuk untuk para petani yang ada di Bintan.

” Tahun 2018, data Dinas Pertanian Kabupaten Bintan secara keseluruhan pupuk subsidi yang dibutuhkan bagi petani Bintan berjumlah 432 ton sedangkan yang di dapat alokasinya hanya berjumlah 98 ton, sehingga kekurangannya mencapai 334 ton. Sehingga tingkat pemenuhan pupuk bersubsidi bagi para petani yang ada di Bintan sangat jauh berkurang, hanya berkisar 22%. Menyiasati hal tersebut, kita ingin bangun rumah kompos untuk ditiga titik berbeda ” ujarnya

Dikatakannya juga bahwa dirinya sangat mengerti dimana rendahnya alokasi pupuk bersubsidi tentunya akan berimbas pada rendahnya produksi bagi para petani.

” Keberadaan alokasi pupuk subsidi tentunya berimbas pada hasil produksi petani di Bintan. Namun, persoalannya kuota yang dialokasikan setiap tahunnya masih terbatas. Setiap tahunnya, kita selalu usulkan agar ke depannya alokasi kuota pupuk subsidi untuk Kabupaten Bintan dapat ditambah lagi ” ujarnya

Tidak saja peresmian Rumah Pupuk , Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos juga menyerahkan sejumlah perlengkapan alat pertanian bagi petani berupa ; 16 unit alat Cultivator, 10 unit mesin pompa air 4 inci dan 3 inci, 1 unit perontok padi , 1 unit pencacah mesin kompos, 1 unit masing-masing hidrotiler atau traktor kura-kura, 1 unit embung atau penampung air serta pupuk an-organik 1.290 kg.