Thu. Jan 24th, 2019

Penuh Warna ! Kampung Pelangi Ala Masyarakat Pesisir Akan Jadi Destinasi Baru

Media Center Bintan – Istilah ‘kampung pelangi’ sebagai gambaran pemukiman penduduk dengan bangunan yang berwarna-warni memang tidak asing lagi didengar. Bentuk kampung dengan ragam warna ini beberapa waktu lalu sempat viral di beberapa tempat di Indonesia seperti Kota Malang dan Kota Bandung.

Kini, masyarakat Kabupaten Bintan khususnya tidak perlu berkelana terlalu jauh untuk melihat keindahan bangunan dengan keunikan gabungan warna ini. Pasalnya, tak lama lagi kampung warna warni akan hadir di Bintan tepatnya di Kampung Kawal Pantai Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang.

Diawali dari pemikiran untuk menata kawasan pesisir. Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos bersama jajaran pengurus Karang Taruna Kabupaten Bintan mencanangkan pemukiman masyarakat pesisir Kampung Kawal Pantai yang terlihat kusam karena 90 % bangunannya berbahan baku papan (kayu) tanpa warna, akan disulap menjadi ‘kampung pelangi’ yang pastinya akan menciptakan pemukiman asri yang penuh warna.

Melalui proses yang cukup panjang mulai dari musyawarah pemuda dan warga, pendataan rumah sampai penetapan waktu. Akhirnya, Sabtu (15/12), Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj. Deby Maryanti melakukan ‘pengecatan’ perdana satu dari 90 rumah yang nantinya akan diwarnai semua.

“Penataan pemukinan tidak mesti soal letak bangunan. Seperti di Kawal ini, bangunan yang sudah ada berdiri di bibir pantai sampai beberapa meter ke arah laut. Kita lalukan sedikit inovasi, hasil dari buah pikir bersama, kita warnai semuanya dan kita jadikan ‘kampung pelangi’. Tidak sekedar memperindah, nantinya kawasan ini bisa jadi salah satu destinasi wisata baru di Bintan” ujar Apri.

Ditambahkannya juga, ada peluang ekonomi yang nantinya bisa tercipta. Tinggal bagaimana masyarakat akan dibina untuk cermat membaca situasi dan memanfaatkan keadaan.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bintan Arief Sumarsono, ST saat ditemui menjelaskan bahwa dirinya bersama seluruh pengurus akan berupaya agar ‘kampung pelangi’ ini bisa terealisasi sebelum akhir tahun.

“Kita sama-sama dibantu masyarakat. InsyaAllah sebelum akhir tahun kita targetkan selesai” terangnya.

Lebih lanjut lagi, Arief mengatakan bahwa antusias masyarakat pun ternyata lebih dari perkiraan. “Alhamdulillah masyarakat antusias sekali mensukseskan kegiatan ini. Bapak Bupati juga selaku Pembina Karang Taruna Kabupaten ternyata satu pemikiran dengan kami dalam inovasi ‘kampung pelangi’ ini. Tinggal kita lihat bagaimana kondisi cuaca semoga bisa bersahat sehingga pengerjaannya bisa lebih cepat” tambahnya.

Selain 90 rumah warga yang telah terdata, nantinya Jembatan Kawal (jembatan penghubung Kawal-Kangka dan Kawal Pantai) juga akan diwarnai. Ini tentunya akan jadi pemandangan menarik bagi pengguna jalan yang melintasi jembatan tersebut.