Tue. Apr 23rd, 2019

Penabalan Melayu Raya Bintan, Apri : “Ini Bumi Segantang Lada”

Media Center Bintan – Balai Perhimpunanan Melayu Raya (BPMR) Korwil Bintan resmi dikukuhkan oleh Wakapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Yan Fitri Halimansyah, MH yang juga merupakan Pembina BPMR Kepri di Gedung LAM Kijang Kota, Jum’at malam (18/1). Penabalan para pengurus ini turut dihadiri oleh jajaran FKPD Bintan sampai tokoh-tokoh Melayu Bentan.

Perhimpunan ini didasari oleh nilai pertemanan dan persaudaraan berazaskan kearifan lokal. Dengan kata lain, Melayu Raya dapat juga disebut sebagai payung pemersatu berbagai ras yang ada di Bintan.

“Kepri, khusunya Bintan ini bisa disebut miniatur Indonesia. Beragam suku, agama, ras dan budaya, semua hidup rukun dengan perekat bahasa Melayu. Melayu Raya ini juga sebagai perpolisian di tengah masyarakat dalam menegakkan norma-norma” terang Yan Fitri usai penabalan.

Bupati Bintan H. Apri Sujadi, S.Sos yang ditabal menjadi Pembina Melayu Raya Bintan saat ditemui juga mengutarakan rasa bangganya atas keasrian dan kerukunan yang ada di Bintan.

“Di sini tidak pandang mau dari mana pun, masyarakat Bintan hidup dalam norma-norma Kemalayuan yang sangat sejalan dengan budaya ketimuran bangsa kita. Ini Bumi Segantang Lada, buminya Melayu dan buminya berbagai etnis yang direkat dengan Kemelayuan” ujarnya.

Perhimpunan ini mengadaptasi penuh ungkapan pepatah ‘dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’. Keberagaman latar belakang dalam kehidupan bermasyarakat, semuanya dilebur dalam nilai Kemelayuan yang menjadi portalnya.

Penabalan Melayu Raya Bintan dimeriahkan dengan beberapa pagelaran budaya dari berbagai etnis. Puncaknya usai kegiatan, dilakukan ‘Lelong’ atau lebih dikenal dengan pelelangan. Sebuah tradisi Melayu klasik yang sangat termahsyur di masa Kesultanan Melayu. Seluruh dana perolehan ‘Lelong’ nantinya akan disalurkan ke Lembaga Pendidikan maupun kegiatan sosial lainnya sebagai salah satu andil Melayu Raya dalam menjalin kebersamaan.