Bahas Statistik Kunjungan Wisman Bersama BPS, Sekda Bintan : Kita Koordinasi ke Pusat Minta Tambah Kuota Negara Bebas Visa






 

MC Bintan - Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan mendengarkan paparan Badan Pusat Statistik (BPS) Bintan guna membahas statistik perkembangan pariwisata dan perkembangan transportasi laut di Bintan. Pertemuan ini juga ditujukan untuk membahas langkah strategis ke depan dalam menjawab tantangan daya tarik pariwisata.

Berdasarkan data BPS Bintan terkait jumlah perjalanan yang dilakukan wisatawan asing (wisman) melalui pintu Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi, hingga Desember tahun 2024 tercatat sebanyak 22.213 kunjungan wisman.

"Pelabuhan BBT ini salah satu pintu gerbang wisman yang potensial. Beberapa hal yang kita diskusikan, berdasarkan masukan dari beberapa Pelaku Wisata diantaranya terkait potensi wisman dari Jepang, Cina, India dan Amerika yang sebenarnya sangat ingin ke Bintan. Namun mereka terganjal karena VoA (Visa on Arrival) yang mereka nilai memberatkan" jelas Ronny.

Oleh karenanya, Ronny mengatakan bahwa Pemerintah Daerah akan mencoba berkoordinasi ke Pemerintah Pusat agar sebagai wilayah destinasi wisata diharapkan ada kelonggaran regulasi dan penambahan kuota untuk Negara bebas visa kunjungan guna menarik minat wisman yang datang ke Bintan.

Sebagaimana diketahui hingga saat ini hanya 13 Negara yang memperoleh status bebas visa kunjungan ke Bintan, yakni Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Myanmar, Thailand, Vietnam, Timor Leste, Suriname, Kolombia dan Hongkong. 

"Akhir Desember 2024 lalu ada kebijakan 50 persen pembayaran VoA. Harapan kita di tahun 2025 ini kebijakan tersebut bisa memberi efek besar dalam meningkatkan angka kunjungan wisman. Teman-teman Pelaku Usaha pariwisata Lagoi pun tetap optimis di tahun 2025 dengan rencana target penambahan jumlah kamar hotel bagi wisatawan asing berkisar 800 sampai 1.000 kamar" pungkasnya.





pada Rabu, 05 Februari 2025 12:28:20 | 69 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "