Tahun 2022, Pemkab Bintan Siapkan Rp 5,1 Milyar Untuk Program BLT Lansia






 

Bintan - Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Bintan kembali menyiapkan Rp. 5,1 Milyar anggaran untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi 4.289 lansia. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Bintan Edi Yusri dalam Rapat Koordinasi dan Evaluasi BLT Lansia, Kamis (20/1) di Aula Kantor Bupati Bintan. 

Menurutnya, penyaluran bantuan tersebut rencananya akan diserahkan sebanyak 2 kali yaitu pada bulan Juni dan bulan Desember. 

" Itu artinya setiap Lansia akan menerima enam ratus ribu rupiah setiap penyaluran, dengan target dua kali penyaluran di bulan Juni dan Desember, sehingga totalnya menjadi Rp 1.200.000,- per lansia per tahun, " ungkapnya 

Dikatakannya juga pada tahun 2022 ini, terdapat kenaikan untuk penerima bantuan BLT Lansia yang sebelumnya pada tahun 2021 penerima bantuan BLT Lansia yang tersalurkan sebanyak 4.034 lansia, sedangkan untuk tahun 2022 target sasaran Program BLT Lansia menjadi 4.289 lansia. 

Dikatakannya juga bahwa beberapa langkah yang akan dilakukan Dinas Sosial Kabupaten Bintan kedepannya yaitu memperkuat koordinasi dengan RT/RW dalam hal penyisiran lansia, mengevaluasi pendamping lansia serta adanya dokumentasi dan juga saksi yang menyaksikan langsung lansia saat penandatanganan kwitansi. 

" Jadi beberapa langkah evaluasi kedepannya akan kita lakukan untuk meminimalisir sehingga tidak adanya data ganda dari lansia yang sudah terdata dalam program bantuan Pemerintah Pusat seperti PKH dan lain-lain, " ujarnya 

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bintan, Drs Adi Prihantara, MM meminta agar Dinas Sosial Bintan, Disdukcapil Bintan dan Diskominfo Bintan untuk dapat memantapkan database dalam penyaluran BLT Lansia di tahun 2022 ini. Ia juga meminta agar dalam pelaksanaan penyaluran BLT Lansia tersebut, adanya keseragaman persepsi yang dituangkan dalam bentuk aturan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

" Maka hal ini perlu optimalisasi serta koordinasi dari seluruh unsur terkait, agar program ini dapat berjalan secara maksimal. Serta dibutuhkan pentingnya kesamaan persepsi dan formulasi sebelum penyaluran BLT Lansia di tahun 2022 ini, " tutupnya





Media Center pada Kamis, 20 Januari 2022 09:30:15 | 530 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "