Berhasil Atasi Kemiskinan Ekstrem, Roby Kurniawan, Bupati Bintan Terima Penghargaan Wapres RI






 

MC Bintan - Bupati Bintan, Roby Kurniawan menerima apresiasi langsung dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin atas keberhasilan dalam kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem. Penghargaan tersebut diserahkan dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023 didampingi Menko PMK, Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan, Kamis (09/11) di Istana Wakil Presiden, Jakarta.

Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan tersebut telah mampu menunjukkan kinerja terbaiknya dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan. Terbukti menurut data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, angka Kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Bintan menurun dari 0,38% di tahun 2021 menjadi 0,19% di tahun 2022.

Bahkan kinerja Pemerintah Kabupaten Bintan merupakan yang terbaik se-Kepulauan Riau jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lainnya. Kinerja baik ini tidak terlepas dari kepiawaian Roby dalam mensinergikan dan mengintegrasikan program Pemerintah Pusat dengan program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan diantaranya Bintan Peduli Lansia melalui penyaluran BLT Lansia, Bantuan Sembako, Layanan Kesehatan Gratis menggunakan KK dan KTP, Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, perbaikan sanitasi dan peningkatan akses air bersih.

Tak sampai di situ, bahkan pada tahun 2023 ini diberikan bantuan iuran Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi Pekerja Rentan. Selain itu program di bidang sosial juga diintegrasikan dengan program di bidang ekonomi melalui Kredit Mikro Bangkit 0%, upaya peningkatan produksi perikanan dan pertanian, peningkatan kapasitas kewirausahaan serta pelatihan bagi para pencari kerja.

“Penghargaan ini merupakan komitmen bersama seluruh elemen untuk memastikan kesejahteraan masyarakat Bintan selalu terjaga. Penduduk miskin kita pastikan dapat meningkat kesejahteraannya melalui berbagai upaya kebijakan strategis penanggulangan kemiskinan di Bintan," jelas Roby usai menerima penghargaan.

Selanjutnya Bupati Bintan menyatakan bahwa ini merupakan kewajiban dan dedikasi Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan.

"Tugas saya sebagai Bupati terus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh dan upaya-upaya strategis untuk penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan sudah on the track, maka ke depan akan kita lanjutkan," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Presiden Republik Indonesia juga memberikan arahan agar penanganan penghapusan kemiskinan ekstrem tetap menjadi prioritas seluruh pemerintah daerah dengan mengedepankan kolaborasi dan sinergi multi-stakeholders.





Media Center pada Kamis, 09 November 2023 12:15:58 | 147 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "