Bupati Bintan: Kami Bangga Dengan Para Petani Bintan






 

MC Bintan - Dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian yang juga menjaga ketahanan pangan daerah, Bupati Bintan menggelar Silaturahmi Bersama Petani Bintan, Kamis (28/12) di Aula Bandar Seri Bentan. Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan pertanian berupa pupuk, benih sayuran hingga alat dan mesin pertanian.

Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bintan, Supriyono mengatakan, bantuan yang diberikan ditujukan sebagai upaya mendukung program pertanian. Pada tahun 2023 sarana produksi pertanian melalui APBD baik murni maupun perubahan dan Dana Insentif Daerah (DID), Pemerintah memberikan bantuan, 6 unit handtraktor untuk 6 Kelompok Tani (KT),  9 unit cultivator untuk 6 KT, 13 mesin air untuk 4 KT, 1 unit hydrotiller (bajak kura-kura) untuk 1 KT,  2 unit kendaraan motor roda tiga (kaisar) untuk 2 KT, 910 kg pupuk KCL untuk 3 KT dan 895 kg pupuk TSP 3 KT.

Selanjutnya diberikan 1,8 ton pupuk urea untuk 3 KT, 25,9 ton pupuk NPK untuk 29 KT, 9,1 ton pupuk organik untuk 13 KT, 11,6 ton pupuk kandang untuk 1 KT, 200 batang benih durian untuk 2 KT, 18 kg benih kangkung untuk 3 KT, 15 kg benih sawi diberikan 3 KT, 18 kg benih bayam 3 KT, 49 ekor sapi untuk 6 KT, 28 ekor kambing untuk 2 KT, 2.215 ekor ayam untuk 4 KT, 769 ekor itik untuk 3 KT, 6,393 kg pakan ternak untuk 7 KT serta 12,3 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD).

Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan melalui bantuan yang diberikan diharapkan petani yang ada dapat meraih tingkat kesejahteraan, dimana diketahui sejauh ini Bintan juga merupakan wilayah penyumbang pasokan pangan, baik itu ke Kota Tanjungpinang, maupun Kota Batam.

"Manfaatkan dengan sebaik mungkin. Kita punya kekuatan dan peluang besar di sektor pertanian maupun pangan. Kami sangat percaya, para petani Bintan mampu mengembangkan hasil produksinya. Kami bangga dengan para petani hebat yang ada di Bintan," kata Roby.

Disampaikan juga suatu pencapaian yang luar biasa, karena saat ini angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bintan telah turun secara drastis ke angka 0,16 persen. Ini yang kemudian menghantarkan Bintan meraih penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia dan mendapatkan dana insentif dimana melalui dana tersebut akan digunakan untuk memberikan bantuan pada seluruh kelompok tani yang ada di Kabupaten Bintan.

Disamping dukungan APBD, juga ada dukungan APBN dan ABT, diantaranya pengembangan kawasan cabai 20 Ha kepada 8 KT, penyaluran benih padi untuk 2 KT, display varietas padi untuk 1 KT, 8 unit corn sheller serta Alsintan Pasca Panen kegiatan recofusing dan ABT Ditjen Tanaman Pangan 2023.





Media Center pada Kamis, 28 Desember 2023 12:00:30 | 169 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "