Melalui Si Bima, Hafizha Paparkan Inovasi Penurunan Stunting di Bintan






 

MC Bintan - Untuk percepatan penurunan stunting, meningkatkan kapasitas kader, keluarga, orang tua dan masyarakat dalam pengasuhan serta meningkatkan praktik baik pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), Ketua TP-PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani bersama BKKBN Kepri mengembangkan buku dan media e-learning Panduan Penyuluhan Bina Keluarga Balita Eliminasi masalah Anak Stunting (BKB Emas) yang dapat diakses secara langsung oleh pengguna pada laman Sistem Belajar Mandiri (Si Bima) BKKBN.

Hal itu disampaikan Hafizha usai dirinya melakukan Pertemuan Si Bima kelas BKB Emas Kebupaten Bintan melalui zoom meeting, Selasa (13/02) di Ruang Rapat II Bandar Seri Bentan.

“Jadi, Learning Management System (LMS), dapat memberikan dua hal yang sangat penting membantu fasilitator dan kader-kader BKB di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota untuk memandu kelas pengasuhan di daerah masing-masing. Nah keterbukaan akses LMS ini dapat memudahkan siapa saja untuk belajar secara mandiri terkait pengasuhan 1000 HPK," jelas Hafizha.

Salah satu isu tumbuh kembang anak sejak dini yang menjadi prioritas pemerintah saat ini adalah stunting. Pengembangan pengasuhan BKB Emas dan pengintegrasian ke dalam LMS adalah salah satu bentuk terobosan yang sangat tepat di era serba digitalisasi.

BKKBN mempunyai LMS yang dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas secara efisien. Seiring dengan upaya pemenuhan kebutuhan dasar anak secara utuh, baik dari segi perawatan, pendidikan maupun pengasuhan agar tumbuh kembang anak dapat optimal. Program pembinaan ketahanan keluarga balita dan anak harus diintergrasikan dengan progam layanan anak usia dini yang lain agar anak mendapatkan pelayanan secara utuh.

Dalam paparan materinya, Hafizha juga menyampaikan beberapa inovasi dan upaya yang dilakukan di Bintan. Mulai dari kehadiran Rumah Asuh bagi balita terindikasi stuning dalam rangka pemenuhan gizi dan pendampingan tenaga medis, hingga kolaborasi bersama BAZNAS Bintan dalam upaya pemenuhan makanan tambahan.





Media Center pada Selasa, 13 Februari 2024 12:49:56 | 31 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "