Bintan Dukung Penuh Pengarusutamaan Gender Melalui Jalur Anugerah Parahita Ekapraya (APE)






 
MC Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan kembali memperlihatkan komitmennya di bidang kesetaraan gender. Hal ini terlihat saat Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan memimpin Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) bersama Ketua PUG dan OPD se Bintan untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender, Senin (15/08) di Ruang Rapat II Kantor Bupati Bintan.

Demi mewujudkan lingkungan kerja yang menjunjung tinggi kesetaraan gender, pengarusutamaan gender perlu dilakukan oleh Pemerintah untuk mewujudkan keadilan dan kenyamanan bagi semua kaum. Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan, anak-anak serta difabel. Hal ini diimplementasikan dengan pengarusutamaan gender dengan dukungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Bintan melalui penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).


Kabupaten Bintan telah meraih kategori penghargaan APE selama 3 tahun berturut-turut sejak 2018 hingga 2020 untuk program PUG yang dijalankan.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya memiliki 2 prasayarat, untuk periode tahun 2021 dan 2022 terdapat 7 prasyarat PUG yang harus dipenuhi oleh setiap OPD untuk kembali mencatatkan nama Bintan dalam anugerah bergengsi tersebut.

Dalam argumentasinya, Pj Sekda Bintan Rony Kartika meminta semua OPD untuk menyisir kembali dokumen yang belum lengkap, kemudian memenuhi 7 prasayarat yang dibutuhkan. Sebab rentan waktu hingga September mendatang masih bisa dimanfaatkan.


"Teruntuk seluruh ODP yang sudah memiliki program khusus untuk pengarusutamaan gender, baik berupa parkir khusus untuk perempuan, toilet yang terpisah, cuti haid/bersalin, ruang menyusui dan lain sebagainya mohon untuk terus di tindak lanjuti dan dikawal" terangnya.
Dalam Rakor kali ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pj Sekda Bintan, Ketua PUG, Kepala OPD serta pihak lainnya yang terlibat.




Media Center pada Senin, 15 Agustus 2022 09:41:41 | 183 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "