Pj Sekda Bintan Kukuhkan Desa Tangguh Bencana






 

MC Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan menunjukkan komitmen serius dalam mengantisipasi dan menanggulangi bencana yang menjadi perhitungan di Bintan. Hal ini kembali terlihat saat Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengukuhkan Desa Tangguh Bencana, Senin (17/10) di Aula Kantor Desa Toapaya Selatan.

Sebelumnya Pembak Bintan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bintan telah mengukuhkan Desa Sri Bintan dan Desa Busung sebagai Desa Tangguh Bencana yang kemudian dilanjutkan dengan Desa Toapaya Selatan. Kegiatan ini juga disejalankan dengan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana.

"Banyak kejadian yang kita saksikan dari tahun ke tahun. Sama-sama kita membuka mata, kita sangat berharap dijauhkan dari segala bencana. Namun demikian, kita juga harus siap saat bencana itu datang" kata Ronny mengawali sambutan.

Data yang terangkum di tahun 2021, di Kabupaten Bintan terjadi 322 kejadian yang didominasi kebakaran hutan dan lahan. Sementara untuk tahun 2022, sepanjang Januari sampai September telah tercatat 301 yang terdiri dari 120 kejadian kebakaran hutan dan lahan, 25 kejadian angin ribut dan puting beliung, 2 kejadian longsor dan banjir serta gelombang pasang sebanyak 1 kejadian.

Menurut Kepala BPBD Bintan, kejadian terbanyak berada di Kecamatan Bintan Timur, Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Gunung Kijang. Sementara Pj Sekda Bintan berharap Desa maupun siapa saja yang telah mendapatkan pembekalan pencegahan dan mitigasi bencana mampu menjadi garda terdepan yang langsung hadir di masyarakat.

"Melalui Desa Tangguh tentu kita memupuk harapan besar agar kesadaran masyarakat akan kewaspadaan terhadap bencana bisa selalu tumbuh" tambah Ronny.

Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana ini diikuti oleh 20 peserta utusan Desa Toapaya Selatan mulai dari RT/RW, Tokoh Masyarakat, Pemuda hingga wiraswasta. Fokus utamanya dipriotitaskan pada penanganan resiko yang ditimbulkan dari bencana yang terjadi.





Media Center pada Senin, 17 Oktober 2022 12:33:22 | 235 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "