Roby Harapkan Kewaspadaan Setiap Saat






 

MC Bintan - Bupati Bintan Roby Kurniawan menjadi Pembina Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam dan Antisipasi Bencana Lainnya di Halaman Kantor Bupati Bintan, Selasa (15/11). Apel rutin tahunan ini diikuti seluruh FKPD beserta beberapa instansi dan organisasi, mulai dari Tagana, PMI dan sebagainya. 

Dalam amanatnya, Bupati Bintan menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah wajib melaksanakan pengawasan terhadap seluruh tahap penanggulangan bencana berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

Bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana.

"Baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun faktor non alam hingga faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis" kata Roby.

Menurut badan meteorologi klimatologi dan geofisika prospek hujan, beberapa bulan ke depan diperkirakan kejadiannya akan semakin meningkat setiap bulannya dengan puncaknya diperkirakan di bulan November sampai Desember 2022 di seluruh wilayah Kepulauan Riau khususnya di Kabupaten Bintan. Dari data historis frekuensi hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang juga meningkat dan disertai dengan air laut naik penuh.

Maka potensi terjadinya banjir tidak dapat di hindari, oleh karena itu untuk mengantisipasi timbulnya bencana Perlu mengambil tindakan pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi situasi tersebut. Kabupaten Bintan menurut hasil kajian memiliki tingkat kerawanan risiko serta potensi yang tinggi terhadap bencana seperti banjir, cuaca ekstrim, puting beliing, kebakaran lahan dan kekeringan hutan.  

"Untuk itu, mengajak instansi terkait dan lembaga swadaya dalam hal kesiapsiagaan. Berupaya meningkatkan partisipasi dan komunitas serta masyarakat dalam penanggulangan bencana. Kemudian mengajak masyarakat untuk ikut peduli lingkungan dan usaha penanggulangan bencana" pungkasnya.





Media Center pada Selasa, 15 November 2022 02:02:25 | 25 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
laporbintan SP4N-Lapor!

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "