Sejarah Hingga Tradisi, Bersama Masyarakat Roby Hadiri Kenduri Budaye Mantang






 

MC Bintan - Bupati Bintan Roby Kurniawan disambut ratusan masyarakat saat menghadiri kegiatan Kenduri Budaye di Halaman Kantor Kecamatan Mantang, Jum'at malam (02/12). Awal kedatangan, Roby bersama Pj Sekda Bintan Ronny Kartika beserta rombongan mengikuti tradisi "Jempot Makan" oleh Tokoh Adat yang disebut Penghulu Balai. 

Kenduri Budaye ini dimulai sejak tiga hari lalu yang diawali dengan Doa bersama di Masjid Al Muttaqin dan Masjid Al Falaq. Kemudian berziarah ke makam Nek Puang, seorang yang dianggap Tokoh Tersohor di Mantang Riau. Selanjutnya makam di Mantang baru dan terus ke Mantang Besar. 

Bupati Bintan dalam sambutannya menyebutkan bahwa event semacam ini bisa semakin berkembang sebab memiliki potensi budaya dan pariwisata. Tidak menutup kemungkinan ke depannya saat event ini berlangsung menjadi event tahunan, akan ada masyarakat di luar Mantang bahkan turis mancanegara yang akan datang berkunjung. 

"Sangat diapresiasi. Ini suatu hal yang sangat positif dan bisa terus dikembangkan. Tahun depan kalau bisa kita coba langsung, acaranya kita kemas, kalau bisa biar turis-turis datang ke sini melihat begitu kaya budaya di Mantang" kata Roby saat mengomentari kegiatan bernuansa budaya ini.

Tari kreasi, tawa ceria anak belia tatkala menari dengan lagu "Lodeh hai Mak Lodeh" dan "Nona Singapura" serta penampilan Makyong Kreasi sebagai salah satu budaya asli Mantang turut menambah semarak Kenduri Budaye di hadapan masyarakat yang bisa dikatakan tumpah ruah.

Bahkan, Pj Sekda Bintan saat ditanyai mengatakan kegiatan ini erupakan hajatan dan mohon doa sekaligus mengenang jasa leluhur.

"Sangat positif untuk anak-anak muda kita. Mereka kenal leluhur mereka, mereka kenal budaya mereka dan mereka kenal seperti apa serta seberapa hebatnya Mantang ini" tutupnya.





Media Center pada Selasa, 06 Desember 2022 09:03:27 | 163 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "