Mendes PDTT dan Bupati Bintan Launching Gerakan Padat Karya Tunai Desa






 

MC Bintan - Tepat di peringatan Hari BUM Desa, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar bersama Wamendes, Budi Arie Setiadi dan Bupati Bintan, Roby Kurniawan bersama-sama melakukan launching gerakan Padat Karya Tunai Desa (PKDT), Kamis (02/02) di Pantai Sahabat, Desa Teluk Bakau.

Gerakan PKTD ini akan digesa secara maksimal selama dua periode dalam satu tahun yakni di bulan Februari dan Agustus.

"Kegiatannya sepanjang tahun, hanya saja di Februari dan Agustus kita dorong lebih maksimal. Tujuannya mendukung program nasional," kata Mendes Abdul Halim.

Pada Karya Tunai Desa ini dialokasikan dari dana desa yang akan membangun batu miring untuk menunjang aliran air agar terus ke laut. Pada bulan ini setiap desa se-Indonesia diminta melakukan kegiatan PKTD dan melibatkan unsur masyarakat yang diharapkan.

"Kalau bisa libatkan mereka yang belum bekerja, wanita yang menjadi kepala keluarga, mereka yang tidak punya skill lebih tapi bisa bekerja. Upahnya sesuai Permendes kalau bisa perhari dibayarkan atau paling tidak seminggu sekali," tambahnya menjelaskan.

Sementara Bupati Bintan menyampaikan komitmennya untuk mendukung keinginan Mendes PDTT, dirinya akan langsung memantau data prioritas yang diusulkan setiap desa agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Tadi sudah diamanahkan, kita akan pantau langsung data yang ada dengan kondisi nyata di lapangan. Tentu kita ingin program ini bisa menjawab kebutuhan mendasar di masyarakat," papar Roby.

Program PKTD ini juga bekerja sama dengan Kementerian PUPR yang memiliki program pembangunan berbasis masyarakat. PKTD di Desa Teluk Bakau ini dialokasikan sebesar Rp85 juta sebagai tahap dasar pembangunan.





Media Center pada Kamis, 02 Februari 2023 12:04:21 | 286 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "