Silaturahmi ke Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Bupati Bintan Sampaikan Kondisi Risiko Karhutla Bintan






 

MC Bintan - Bupati Bintan, Roby Kurniawan didampingi Sekda Bintan dan Kepala BPBD Bintan berkunjung ke Kantor Direktorat Jenderal Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia untuk bersilaturahmi sekaligus audiensi terkait antisipasi risiko kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bintan. Disambut langsung oleh Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal Z.A. di ruang kerjanya, Selasa (28/03). Pertemuan yang berlangsung singkat itu pun menghasilkan beberapa dukungan serta masukan khususnya bagi antisipasi potensi kebakaran di Bintan.

Bupati Bintan usai pertemuan menjelaskan bahwa melalui BPBD Kabupaten Bintan mengusulkan bantuan tiga unit mobil pemadam kebakaran ditambah tiga unit mobil supply. Hal ini dianggap sangat penting mengingat kondisi mobil damkar yang dimiliki sudah dalam kondisi yang memerlukan peremajaan.

"Sudah kita usulkan kemarin, nah hari ini kita silaturahmi sekaligus mohon dukungan. Tentu kita sampaikan juga kondisi real potensi karhutla termasuk kebakaran gedung di Bintan," jelasnya.

Roby menambahkan bahwa Dirjen Bina Adwil memberikan respon positif melalui dukungan yang akan dilakukan. Meskipun pengadaan mobil damkar tidak masuk dalam penganggaran, tapi akan diupayakan melalui bantuan pihak ketiga dari negara sahabat yang sering berkolaborasi dengan Indonesia.

"Beliau sampaikan dukungan, beliau juga ingin bencana seperti karhutla ini bisa ditangani secara profesional dengan sarana prasarana yang memadai ditambah dengan SDM yang mumpuni," tambahnya.

Terkait SDM atau personel damkar, Kepala BPBD Bintan, Ramlah menyampaikan bahwa seluruh personel yang ada saat ini sudah cukup terampil walaupun masih memerlukan peningkatan kualitas dan kemampuan.

"Sesuai arahan Pak Dirjen juga tadi bahwa daerah harus mempersiapkan personel yang tangguh dan menguasai bidangnya. Tahun ini kita sudah anggarkan juga untuk pelatihan damkar, ada juga untuk pelatihan damkar bagi pemula. Kita juga akan bentuk Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran) di setiap Kelurahan/Desa, ini jadi salah satu kewajiban atau syarat untuk mendapatkan dukungan," pungkasnya.





Media Center pada Selasa, 28 Maret 2023 12:27:00 | 116 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "