Masuk Top 99 KIPP, Bupati Bintan Presentasikan "Kampung Keren" yang Sudah Mancanegara






 

MC Bintan - Pemerintah Kabupaten Bintan masuk sebagai finalis Top 99 dari 3.110 proposal inovasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang dilakasanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Dengan bangga Bintan menghadirkan inovasi dalam wujud Sentra Kampung Kerupuk Modern (Kampung Keren) yang berlokasi di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Pesisir.

Masuk sebagai nominasi finalis, Bupati Bintan, Roby Kurniawan kemudian mengikuti sesi presentasi dan tanya jawab bersama Panelis Tim Penilai Independen yang telah ditunjuk KemenpanRB. Dirinya pun kemudian berkisah secara runut sebab dilakukannya inovasi revitalisasi Kampung Kerupuk Modern hingga berkembang seperti saat ini.

"Semua berangkat dari kondisi geografis Bintan yang berlimpah hasil laut dipadu dengan semangat potensi kerupuk ikan yang diolah IKM. Bahan bakunya banyak, IKM nya pun banyak, ini yang kemudian kita benah baik secara produksi, kualitas, daya saing hingga pemasaran," kata Roby mengawali presentasinya di hadapan Panelis via zoom meeting, Senin (03/07).

Bermula pada tahun 2014 lalu dimana sekelompok "emak-emak" yang tergolong keluarga kurang mampu namun pembinaannya masih masih dala level KUBE. Inovasi yang dilakukan ini lah kemudian menghantarkan seluruh IKM saat ini meraup omset miliaran setiap tahunnya. Hasil yang kemudian menjadi pendongkrak taraf hidup dan perekonomian masyarakat.

Roby pun menyampaikan bahwa hasil produksi kerupuk tersebut telah diekspor ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Pembinaan yang dilakukan di Kampung Keren ditujukan untuk meningkatkan mutu produksi dimana saat ini seluruh produk telah lulus standart GMP (Good Manufacturing Production).

Menjawab salah satu pertanyaan Tim Panel tentang perkembangan yang didapat, Roby menjelaskan bahwa dampak revitalisasi Kampung Keren ini mampu meningkatkan hasil produksi mencapai 130 ton dari 43 IKM. Bahkan serapan pekerjanya hingga saat ini meningkat di atas 100 orang.

Inovasi Kampung Keren yang mendapat pujian dari Tim Panel Independen ini nantinya akan dinilai menuju Top 45 hingga mencapai kategori terbaik. Di akhir penyampaiannya Roby optimis pengembangan-pengembangan yang akan dilakukan di tahun-tahun hadapan akan mampu meningkatkan produktifitas dan daya saing Sentra Kampung Kerupuk Modern.





Media Center pada Senin, 03 Juli 2023 12:50:35 | 101 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "