Dorong Produktivitas Pembudidaya, Bupati Bintan Serahkan Bantuan Bibit Ikan dan Excavator






 

MC Bintan - Sesuai dengan program yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia, digelontorkan program bantuan pada tahun 2023 sebesar Rp6,29 triliun untuk meningkatkan kesejahteraaan nelayan, pembudidaya ikan, pengolah, pemasar, petambak garam, serta masyarakat pesisir lainnya.

Berkaitan dengan program tersebut, Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan  Administrasi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) sekaligus Penyerahan Bantuan Benih Ikan Air Tawar secara Simbolis beserta 1 Unit Excavator.

Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya Kabupaten Bintan, Raisa Gilang Samudra menyampaikan Sosialisasi Pengelolaan Administrasi Kelompok Pembudidaya Ikan sangat diperlukan guna meningkatkan kualitas SDM agar produktivitas dari masing-masing pembudidaya air tawar terus mengalami peningkatan.

Setelah mendapatkan edukasi seluruh Pokdakan se-Kabupaten Bintan, juga di dukung dengan penyerahan bibit ikan, sehingga ilmu yang diperoleh dapat langsung diimplementasikan. 

Bupati Bintan, Roby Kurniawan mengatakan sepanjang tahun 2021-2023 telah banyak bantuan perikanan seperti  benih ikan lele 774.500 ekor, bibit ikan nila 292.150 ekor dan bibit ikan gurami 70.900 ekor. Selain itu juga ada 4 unit KJA HDPE di Teluk Bintan, 8 unit jaring kerambah untuk budidaya air laut di Desa Pengudang, dan 1 unit excavator hari ini di Desa Malang Rapat.


"Sangat banyak upaya bantuan yang coba kita lakukan. Saya ingin bantuan yang datang tidak sekedar seremoni kemudian selesai. Manfaatkan, kembangkan dan lakukan usaha yang maksimal agar semakin berkembang dan berkembang," ungkap Roby, Rabu (06/09) di Dermaga Kampung Pulau Pucung, Desa Malang Rapat.

Disampaikan juga bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan telah membayarkan BPJS Ketenagakerjaan untuk para pekerja rentan. Pada tahun 2024 juga telah di alokasikan secara khusus untuk pembudidaya air tawar, sehingga dapat dimanfaatkan dengan mengusulkan ke Dinas Perikanan dan Kelautan maupun melalui pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten.

Kegiatan kemudian dilanjutkan Temu Wicara Bupati Bintan bersama Pokdakan se-Kabupaten Bintan. Roby sendiri sering menyebut ingin selalu mengetahui kondisi lapangan secara langsung melalui dialog dan penyampaian pendapat.





Media Center pada Rabu, 06 September 2023 12:15:37 | 176 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "