Elyza Riani Apresiasi Ketersediaan Mesin Pengolahan Limbah Cangkang Gonggong dari Universitas Brawijaya Malang






 

MC Bintan - Ketua Pokja I TP-PKK Kabupaten Bintan, Elyza Riani mengapresiasi ketersediaan mesin (peralatan) serta pendampingan dan penelitian dari Universitas Brawijaya Malang untuk pengolahan limbah cangkang gonggong bagi masyarakat Desa Pengujan, Kabupaten Bintan. Ketersediaan peralatan mesin itu guna mendukung kesukseskan program limbah cangkang gonggong yang akan diolah menjadi tepung bagi pemanfaatan pakan ternak.

Elyza Riani sebagai Ketua Pokja I TP-PKK Kabupaten Bintan yang mewakili Ketua TP-PKK Kabupaten Bintan, Hafizha Rahmadhani saat mengunjungi Desa Pengujan, Senin (18/9) pagi menuturkan bahwa potensi limbah cangkang gonggong menjadi tepung untuk pakan ternak di Desa Pengujan dirasa cukup besar.

Ia juga menuturkan harapannya agar limbah cangkang kerang gonggong yang berasal dari limbah hasil perikanan tersebut nantinya dapat menjadi sebuah komoditi produk unggulan yang bermanfaat serta bernilai ekonomis tinggi bagi masyarakat desa. Dikatakannya juga dengan adanya hal tersebut diharapkan nantinya akan membuka peluang bagi masyarakat Desa Pengujan dalam hal pemberdayaan ekonomi.

"Tentu kita mengucapkan terima kasih kepada para peneliti dari Universitas Brawijaya Malang atas ketersediaan mesin serta pendampingan dan penelitian ke masyarakat kami di Desa Pengujan. Kita harapkan agar pemanfaatan limbah kerang gonggong ini nantinya dapat menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis tinggi yang nantinya bisa dimanfaatkan baik bagi pakan ternak unggas serta sektor perikanan," tegasnya.

Diketahui siput gonggong merupakan salah satu jenis gastropoda yang banyak ditemukan di wilayah perairan Kepulauan Riau. Untuk mengolah limbah kerang menjadi suplemen pakan, maka harus melewati beberapa proses mulai dari pemilahan cangkang yang baik hingga proses pengeringan dan pengolahan. Nantinya, tepung hasil dari cangkang gonggong tersebut akan menjadi bahan suplemen tambahan pada pakan ternak seperti kepiting bakau karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Departemen Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Suprayogi, S.T.P., M.P., Phd, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Dinas PMD Bintan, Ibu Titik, Kasi PMD Kecamatan Teluk Bintan, Ibu Sulis, Kepala Desa Pengujan, Zulfitri, Kepala BPD Desa Pengujan, Hermantoni, Ketua PKK dan Poklahsar Desa Pengujan, serta jajaran terkait lainnya.





Media Center pada Senin, 18 September 2023 12:35:47 | 178 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "