Hafizha: Jangan Malu dan Ragu, Periksakan ke Puskesmas Terdekat, Semua Gratis!






 

MC Bintan - Sebaran kanker serviks atau kanker pada leher rahim menjadi ancaman tersendiri khususnya bagi perempuan di usia subur sebelum memasuki masa menopause. Menanggapi hal ini, Pemerintah Kabupaten Bintan sejak beberapa tahun terakhir cukup agresif menggalakkan program Kamis IVA yang diharapkan dapat mendeteksi sedini mungkin kemungkinan kanker yang dapat mengakibatkan kematian tersebut.

IVA atau Inspeksi Visual Asam Asetat merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Laporan hasil konsultasi WHO menyebutkan bahwa IVA dapat mendeteksi lesi tingkat pra kanker dengan sensitivitas sekitar 66-69% dan spesifitas sekitar 64-98%. Sedangkan nilai prediksi positif dan nilai prediksi negatif masing-masing antara 10-20% dan 92-97%. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan skrining dari pap smear karena biasanya praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat serta dapat dilaksanakan selain dokter ginekologi.

Ketua TP-PKK Bintan, Hafizha Rahmadhani pun menyampaikan bahwa Kamis IVA adalah salah satu jawaban dari tindakan yang dapat dilakukan untuk melawan ancaman kanker serviks. Hal itu disampaikannya saat membuka Seminar Deteksi Dini Kanker Serviks dan Pemeriksaan IVA di d'Bamboo Camp Desa Wisata Ekang Anculai, Kamis (19/10).

"Wajib diperiksa dan konsultasi selalu, yang penting kita harus kenal dulu ya, Bu. Kenali gejalanya, kenali kemungkinan indikasinya. Jangan ragu dan jangan sungkan kalau ingin bertanya," kata Hafizha.

Seminar ini diisi langsung oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Diantaranya dr. Amalia Shadrina, Sp.OG. dan dr. Monika Amanda. Data yang tercatat di Dinas Kesehatan Bintan pada tahun 2022 lalu lebih dari 1.300 perempuan melakukan pemeriksaan pada Kamis IVA di seluruh puskesmas. Di tahun ini ditargetkan akan mencapai sasaran yang lebih besar dan harus didukung kesadaran serta partisipasi masyarakat.

"Sampaikan juga ke kaum perempuan di sekitar kita, jangan malu jangan segan. Periksakan ke puskesmas terdekat. Semuanya gratis!" pungkasnya.






Media Center pada Kamis, 19 Oktober 2023 12:18:39 | 161 views


Whatsapp Twitter
Video Terbaru
sahara.lapor.go.id - Untuk Pelayanan Publik yang Lebih Baik

Bela, seorang warga pengguna pelayanan publik, telah membuktikan dari satu orang saja bisa memberikan pengawasan dan perubahan terhadap sebuah pelayanan publik. Ingin ambil bagian dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik seperti Bela? Sampaikan aspirasi dan pengaduanmu melalui situs www.sahara.lapor.co.id, SMS ke 1708, Mobile Apps LAPOR! atau Twitter dengan menggunakan tagar #LAPOR sekarang juga! laporbintan SP4N-Lapor! adalah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dalam aplikasi LAPOR! Apa itu LAPOR!? LAPOR! adalah Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat. Credits video by: Youtube: @lapor1708

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "

Teaser Peluncuran Aplikasi Si Lancar " Sistem Pelayanan Pencari Kerja "